Wednesday 1 February 2012

Guk! Guk! ANJING!


Manusia telah berubah menjadi Anjing
Kalimat di atas bukanlah igauan atau imajinasi belaka. Kenyataannya orang-orang (rata-rata anak muda) terbiasa berbicara dengan mengikutsertakan si Anjing. Ia memanggil temannya dengan sebutan Anjing. Teman-teman memanggil dia dengan sebutan Anjing pula. Namun, ia akan marah jika dirinya disamakan dengan hewan Anjing.
Barangkali bangsa Indonesia merupakan bangsa yang sedikit memahami kaidah bahasa nasionalnya. Tidak jarang dari sebagian masyarakatnya masih salah ketika berbahasa yang baik dan benar. Saya ambil contoh kata Anjing tadi. Anjing adalah sebuah kata yang merujuk pada binatang menyusui yangg biasa dipelihara untuk menjaga rumah, berburu, dsb. Makna tersebut saya ambil dari Kamus Besar Bahasa Indonesia.
Kenyataan yang ada, Anjing telah mengalami pergeseran makna. Kata Anjing yang dipakai oleh masyarakat kini sudah bukan merujuk pada hewan, tetapi merambah ke manusia. Kita lihat contoh di bawah:
A: Anjing, gua kalah lotre!!!
B: Lo kalah njing?
A: Iya njing, gua kalah!
B: Lo sih bego njing!
A: Lo ngatain gua njing!
B: Ye, Anjing lo! Gua gak ngatain lo, Anjing! Lo nya aja yang emang bego Anjing!
Ya, Anjing kini dipakai dalam ragam bahasa sehari-hari. Ia bisa digunakan sebagai kata sapaan, kata penerang, ragam penunjuk ekspresi, maupun pengganti subjek. Mereka melupakan arti harfiah dari Anjing itu sendiri dan mereka pun tidak sungkan lagi ketika seseorang memanggilnya Anjing. Hahaha.
Sekarang kita akan tanya kepada si mas Anjing, jenisnya Herder namun ia baik hati (terlebih jika ada majikannya)
A: Hallo mas Anjing, apa kabar?
Anjing: Guk! Guk!
A: Bagaimana nih nama mas sering disebut-sebut manusia, apa gak mencemarkan nama baik mas?
Anjing: Guk! Guk!
A: Saya juga bingung mas sama orang-orang yang sering pakai nama mas, jadi mas gak keberatan?
Anjing: Guk! Guk!

Hahaha…
Anjing saja tidak pernah bilang Anjing, masa manusianya lebih doyan bilang Anjing. Hahaha, dasar Anjing! (uppss…. :) )



Bandung, Tengah Malam

No comments:

Post a Comment