Sunday 10 June 2012

BUNAKEN



Indonesia adalah salah satu negara kepulauan di Asia yang memiliki kekayaan alam yang eksotik dan potensial. Bahkan, tidak jarang kekayaan alam tersebut masih asli dan tersembunyi. Oleh karena itu, Indonesia adalah surga bagi wisatawan yang ingin merasakan keindahan panorama yang alami dan indah. Salah satu kekayaan alam potensial di Indonesia adalah taman laut Bunaken di Sulawesi Utara. Anda akan dibawa masuk ke dalam sebuah taman eksotik yang ada di dasar laut. Bukan hanya di darat saja, laut pun menyimpan keindahan visual yang akan membuat setiap wisatawan ingin kembali lagi ke sana.




Terletak sekitar 7 mil dari kota Menado, Anda bisa melakukan perjalanan dengan kapal motor untuk mencapai taman laut ini. Perjalanan tersebut memakan waktu kurang lebih 35 menit. Potensi wisata bunaken berupa taman laut terumbu karang yang menjadi surga para biota laut. Di sini Anda bisa melihat spesies ikan yang sangat langka, yakni ikan Purba Raja (Coleacant) yang masih bisa ditemukan di kawasan ini. Titik selam yang paling pas untuk kita bisa melihat kekayaan alam tersebut adalah Fukui, Ron’s Point, Sachiko Point, Tanjung Paragi, Pangalisang, Muka Kampung, Mandolin,  dan Bunaken Timur. Fasilitas yang disediakan bagi para wisatawan pun sangat lengkap. Bila Anda hobi menyelam dan snorkling, Anda bisa menyewa peralatan menyelam untuk bisa melihat taman laut dari dekat. Bila Anda tidak bisa berenang, Anda tidak usah takut tidak bisa melihat keindahan Bunaken. Telah tersedia perahu dengan dasar kaca sehingga kita bisa melihat keindahan dasar laut tanpa perlu masuk ke dalam air. Kawasan wisata ini pun dilengkapi fasilitas cottage, rumah makan, pendopo, hingga toko cinderamata. Akan kurang rasanya bila pergi ke Bunaken tanpa membawa cinderamata khas dari Bunaken.

Taman laut Bunaken pun telah menjadi salah satu warisan dunia. Oleh karena itu, keberadaannya sangat dijaga dan terus dilestarikan. Jika Anda memiliki keinginan untuk menjelajah eksotisme Asia, wisata taman laut Bunaken ini harus masuk ke dalam daftar travelling Anda.

Sumber gambar : Dephut

No comments:

Post a Comment