Sunday 10 June 2012

ALASKA, UJUNG DUNIA



Gambar : fantom-xp

Alaska adalah daerah yang bisa dikatakan sebagai “ujung dunia”. Berbatasan langsung dengan kutub utara dimana Anda bisa melihat aurora yang berkibar-kibar ketika malam. Daerah ini termasuk ke dalam negara bagian Amerika,  berkontur gunung-gunung es yang tinggi dan padang es glasial yang membentang. Banyak yang menyebut bahwa Alaska adalah sebuah dunia tersendiri yang terasing dan sunyi, sehingga ketika Anda menginjak ke Alaska, Anda akan merasakan sensasi menjelajahi dunia baru tanpa harus keluar dari planet Bumi.



Di balik eksotisme daerahnya, Alaska menyimpan potensi bencana yang signifikan, yakni ancaman letusan gunung berapi. Aktivitas gunung berapi Cleveland akhir-akhir ini semakin meningkat, ditandai dengan terbentuk kubah lava baru di atas puncak. Bisa dipastikan jika gunung berapi ini meletus, hujan abu yang keluar dari letusan dapat mengganggu aktivitas penerbangan di Alaska, sebab hampir semua jalur penerbangan dari Asia ke Eropa dan Amerika Utara akan melewati Alaska. Dampak letusan gunung Cleveland pun tidak hanya mengancam jalur penerbangan, akan tetapi mengancam pula ekosistem di darat. Aliran lava panas dan longsor salju akan mengalir ke lembah hingga menutupi lautan. Namun, Anda jangan terlalu khawatir mengenai dampak letusan dari gunung Cleveland ini. Bila Anda merasa tertantang untuk berkunjung dan menikmati sensasi eksotisme ekstrem yang disajikan di Alaska, maka bersiaplah Anda untuk menikmati aktivitas vulkanologi dari gunung berapi Cleveland.

Apa pun ancaman bencana yang muncul, Alaska akan selalu menyimpan tanda-tanda bencana yang bisa berdampak signifikan terhadap aktivitas manusia. Di samping aktivitas gunung berapi, lapisan ozon di Alaska kini semakin tipis akibat pemanasan global yang terus menerus di muka bumi ini. Dampak yang paling terasa dari kerusakan ozon ini adalah semakin hangatnya suhu di Alaska. Hal ini menyebabkan lapisan salju yang terhampar sepanjang Alaska lambat laun mulai mencair. Ini tidak mungkin dibiarkan terus menerus. Alaska adalah dataran yang penuh dengan misteri. Eksostisme kutub yang menyimpan bencana di balik gunung-gunung es yang menjulang, dan padang-padang es glasial yang terhampar luas. Nikmati sensasi menakjubkan yang tidak terlupakan ketika Anda berkunjung ke dataran eksotis Alaska.

No comments:

Post a Comment