Monday 11 June 2012

MENGELOLA KEUANGAN


Di zaman modern seperti sekarang, Anda dituntut untuk lebih bijak dalam mengelola keuangan Anda. Hal tersebut sangat signifikan, sebab keuangan adalah salah satu kebutuhan utama seorang manusia untuk mempertahankan hidupnya. Bila Anda tidak segera mengatur keuangan Anda, bukan tidak mungkin Anda akan terjerat masalah lain atau bahkan terjatuh ke dalam lubang permasalahan baru karena antara masalah keuangan dengan masalah lain akan selalu berhubungan. Mencari uang adalah tujuan utama manusia bekerja, sebab uang ibarat dewa yang dipuja-puja oleh pengikutnya. Dengan uang kita bisa membeli kebutuhan yang kita butuhkan. Namun, sudahkah Anda cermat memilih kebutuhan mana yang paling penting untuk dilakukan dengan uang Anda?



Ketika uang yang Anda pegang untuk membeli kebutuhan telah selesai Anda belanjakan, lantas uang tersebut memiliki sisa, apa yang akan Anda lakukan? Menyimpannya atau malah menghabiskannya? Hal inilah yang menjadi persoalan indiividu yang sangat susah untuk dicari kesimpulannya. Menyimpan uang memang baik untuk masa depan, namun kapankah menyimpan uang tersebut akan dilakukan oleh Anda? save now or save later? Dua hal tersebut adalah sebuah antonim yang saling berperang ketika mengelola uang Anda. Jika memang Anda tidak punya kebutuhan lain yang ingin Anda penuhi maka akan lebih baik jika menyimpan sisa uang tersebut sesegera mungkin. Bisa dilakukan di bank ataupun menyimpan di celengan Anda. Namun, ada pula orang-orang yang malas menabungkan uangnya dengan alasan mereka takut tabungan mereka nanti dipotong atau hilang di tangan Bank. Mereka lebih baik menunda dahulu rencana penyimpanan uang mereka. Jika memang sudah saatnya untuk menabungkan uanganya, mereka akan menabungkan uangnya di Bank semata-mata hanya untuk menjaga keamanan uang mereka saja. Menabung memang sebuah tindakan yang memiliki prospek masa depan yang bagus. 

Bagaimanapun, menyimpan pendapatan Anda adalah tindakan penghematan yang paling bijak untuk mengelola keuangan Anda. Hal ini berguna untuk mengatur strategi pembelanjaan Anda, sehingga Anda akan pandai memilih kebutuhan mana yang lebih dahulu dicukupi. Yang terpenting dari simpan sekarang atau simpan nanti  adalah bagaimana Anda bisa mengatur keuangan yang dimiliki Anda agar tidak mengalami defisit.

No comments:

Post a Comment