Sunday 17 June 2012

CYBER LAW


Kemajuan teknologi semakin hari berkembang. Teknologi elektronik dan internet merupakan dua teknologi yang mengelami laju pertumbuhan yang signifikan. Manusia kini tidak bisa lepas dari jaringan internet. Globalisasi telah membuat internet menjadi barang berharga yang akan terus dikembangkan keberadaannya. Seiring berjalannya waktu, internet digunakan hampir semua orang untuk membantu aktivitasnya. Bahkan, dunia kejahatan pun kini merambah ke dalam dunia internet. Seringkali kita temukan kejahatan berupa penipuan dengan modus penjualan online, penjual meminta pembelinya untuk melakukan transfer uang melalui rekening tertentu, namun ternyata sistem penjualan tersebut fiktif. Kejahatan yang lain adalah perdagangan manusia, binatang langka, hacker, propaganda politik, hingga penyebaran virus dan spam.



Kepolisian bukan tidak peduli terhadap masalah yang serius ini. Penegak hukum pun telah mengeluarkan peraturan hukum yang berbicara mengenai pemberantasan kejahatan di media elektronik. Peraturan tersebut dinamakan dengan cyber law. Dengan cyber law, diharapkan akan ada tindak lanjut untuk mendeteksi, memblokir, hingga menangkap tersangka yang berada di balik tindakan kejahatan tersebut. Saat ini telah banyak website yang diblokir karena disinyalir sebagai website yang mencurigakan. Proteksi semacam ini dilakukan melalui kerja sama antara polisi dengan pihak operator telepon dan internet. Namun, jalannya aturan cyber law ini pula menemui banyak kendala. Pihak polisi tidak selamanya mampu mendeteksi jutaan website yang berbahaya. Polisi pun sulit untuk melacak aksi-aksi penipuan karena mereka selalu menggunakan kedok penjualan online. Untuk para hacker atau penyebar virus dan spam, keberadaannya pun sulit dilacak karena ada banyak jutaan hacker yang tersebar di seluruh dunia dan keberadaannya pun sulit dideteksi karena biasanya hacker berpindah tempat dalam pergerakannya. Hal inilah yang membuat kerja polisi terhambat di dalam memberantas para penjahat cyber ini.

Cyber law adalah salah satu kejahatan yang sulit dicegah. Peningkatan kualitas internet akan memicu tindak kejahatan yang lebih ahli lagi. Oleh karena itu, lengkapi komputer dan gadget Anda dengan software dan antivirus yang bisa memblok website-website yang dianggap spam dan mencurigakan.

Gambar : google

No comments:

Post a Comment